PROFIL PUSDALOPS TNI

Senin, 15 Agustus 2016 11:08:18 - Oleh : Pusdalops TNI - Dibaca : 5353

  PROFIL PUSDALOPS TNI

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                   KAPUSDALOPS TNI

          BRIGJEN TNI SURYA DARMA

 

RIWAYAT JABATAN

 

  1. DANTON I/C/502/18/2 KOSTRAD
  2. PAMA PUSIF KOBANGDIKLAT
  3. DANTON 1/A/509/9/2 KOSTRAD
  4. DANKI A/509/9/2/2 KOSTRAD
  5. KASI-I/LIDIK/509/9/2 KOSTRAD
  6. KASI-2/OPS/509/9/2 KOSTRAD
  7. WADANDENMA BRIGIF-9/2 KOSTRAD
  8. KASI-2/OPS/9/2 KOSTRAD
  9. WADAN YONIF 514/9/2 KOSTRAD
  10. KASIPENBANMIL STER DIVIF 2 KOSTRAD
  11. PABANDYA BINPERS SPERS KOSTRAD
  12. BAGDALOPS PUSDALOPS TNI
  13. KABAGDALOPS PUSDALOPS TNI
  14. SEKRETARIS PUSDALOPS TNI
  15. WAKAPUSDALOPS TNI
  16. KAPUSDALOPS TNI

 

KEDUDUKAN

Pusat Pengendalian Operasi Tentara Nasional Indonesia, disingkat Pusdalops TNI, adalah Badan Pelayanan di tingkat Mabes TNI yang berkedudukan langsung di bawah Panglima TNI.

 

TUGAS

Pusdalops TNI bertugas menyiapkan dukungan fasilitas komando dan pengendalian operasi TNI serta menyelenggarakan sistem informasi di lingkungan Mabes TNI.

 

FUNGSI UTAMA

Pusdalops TNI mempunyai fungsi utama sebagai berikut:

  1. Perencanaan dan pengembangan sarana K3I yang mampu menjamin terselenggaranya komando dan pengendalian terhadap satuan-satuan TNI yang sedang melaksanakan operasi.
  2. Penyelenggaraan hubungan dan koordinasi dengan Puskodal Angkatan dan Kotama Ops TNI, serta dengan instansi lain untuk mendapatkan informasi yang diperlukan dalam rangka mendukung kegiatan operasi.
  3. Penyelenggaraan pengumpulan, pengolahan, analisis dan evaluasi data dan informasi tentang kekuatan dan kesiapan satuan, dinamika operasi dan penyampaian saran untuk pengambilan keputusan pimpinan.
  4. Penyelenggaraan pembinaan dukungan sarana dan prasarana teknologi informasi administrasi bagi kepentingan kelancaran pelaksanaan fungsi-fungsi Unit Organisasi (U.O) Mabes TNI.

 

VISI     

Terwujudnya kinerja Pusdalops TNI sebagai unsur pelayanan pimpinan TNI dalam penyiapan sarana prasarana maupun penyajian data dan informasi untuk mendukung terselenggaranya sistem Komando, Kendali, Komunikasi , Komputerisasi dan Informasi ( K4I ) TNI yang handal dan dinamis.

 

MISI

 

1. Terlaksananya kegiatan pembinaan personel, dukungan sarana prasarana dalam rangka mendukung kelancaran tugas dan fungsi yang dibebankan.

 

2. Terlaksananya hubungan kerja sinergis dengan Puskodal Angkatan dan kotamaops TNI, serta dengan instansi terkait lainnya untuk mendapatkan informasi yang diperlukan dalam rangka mendukung kegiatan operasi dan latihan.        

3. Merencanakan dan mengembangkan sarana sistem K4I TNI yang mampu menjamin terselenggaranya komando dan pengendalian terhadap satuan-satuan TNI yang sedang melaksanakan operasi maupun latihan.

4. Terlaksananya kegiatan pengumpulan, pengolahan, analisa dan evaluasi data dan informasi tentang kegiatan menonjol, kesiapan satuan, dinamika operasi dan penyampaian serta penyajian informasi untuk pengambilan keputusan TNI.  

 

 

Download :
Download :
Download :
Download :
Download :