Oditur Jenderal TNI Berikan Pembekalan kepada Wanita TNI

Kamis, 2 Juni 2022 09:44:35 - Oleh : Puspen TNI - Dibaca : 339

Oditur Jenderal TNI Berikan Pembekalan kepada Wanita TNI

Oditur Jenderal TNI Marsda TNI Reki Irene Lumme, S.H., M.H. memberikan pembekalan kepada Wanita TNI tentang KDRT (Kekerasan Dalam Rumah Tangga), LGBT (Lesbian, Gay, Biseksual, Transgender) dan Asusila, bertempat di GOR A.Yani  Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (31/5/2022).

 

Dalam pembekalan materinya Marsda TNI Reki Irene Lumme menyampaikan faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya KDRT, diantaranya kurangnya keimanan dan ketaqwaan kepada  Tuhan YME, kurangnya keharmonisan dalam rumah tangga, kurangnya hidup sakinah, mawadah, warahmah, adanya anggapan suami berkedudukan lebih tinggi dari istri serta  adanya ketimpangan relasi antara laki-laki dan perempuan baik dirumah tangga maupun didalam kehidupan publik. 

 

Pada kesempatan yang sama, para Wanita TNI juga mendapatkan pembekalan dari beberapa narasumber, diantaranya Kepala Pusat Psikologi (Kapuspsi) TNI Laksda TNI Dr. Wiwin D. Handayani, M.Si. dan Komandan Detasemen Markas (Dandenma) Mabes TNI Brigjen TNI (Mar) Oni Junianto S.A.P., M.M.

 

Kapuspsi TNI dalam pembekalannya menegaskan bahwa tidak ada tempat bagi LGBT di lingkungan Tentara Nasional Indonesia. Untuk mencegah masifnya perkembangan LGBT, perlu langkah dan  upaya, diantaranya  lindungi diri sendiri, keluarga dan lingkungan sekitar dari maraknya LGBT dengan cara tidak memberikan dukungan dalam bentuk apapun baik berupa materi maupun non materi, merawat anak dengan kasih sayang dan hindarkan dari KDRT, cek kurikulum di sekolah, utamanya edukasi tentang seks, dan berikan lingkungan yang baik, dorong anak bersosialisasi dan batasi penggunaan gawai. 

 

Sementara itu, Dandenma Mabes TNI menyampaikan bahwa tantangan terberat perempuan dalam meniti karir antara lain kesenjangan penghasilan, pelecehan, peluang karier, memiliki anak sembari berkarier serta keseimbangan kehidupan dan pekerjaan.

 

Dalam penekanannya, Brigjen TNI (Mar) Oni Junianto mengutip pernyataan dari Buya Hamka “Cari pasangan itu gak mesti mapan, yang penting kamu tahu apa rencana dia untuk ke depannya dan profesinya tidak perlu harus ini dan itu. Memang cinta butuh makan, namun ada satu perasaan ketika kamu mau untuk berjuang bersama, maka itu lebih terasa nikmat”.

Download :
Download :
Download :
Download :
Download :