Waasops Panglima TNI Pimpin Pertemuan United States-Indonesia Bilateral Defense Discussions (USIBDD)

Jum`at, 16 Desember 2022 07:09:07 - Oleh : Puspen TNI - Dibaca : 316

Waasops Panglima TNI Pimpin Pertemuan United States-Indonesia Bilateral Defense Discussions (USIBDD)

Wakil Asisten Operasi (Waasops) Panglima TNI, Marsma TNI Dr. Budhi Achmadi, M.Sc., memimpin pertemuan United States-Indonesia Bilateral Defense Discussions (USIBDD) Tahun 2022, bertempat di Hotel Ritz Carlton, Mega Kuningan, Jakarta Pusat (13/12/2022).

Dalam sambutannya, Waasops Panglima TNI mengungkapkan bahwa hubungan kerjasama dan persahabatan antara TNI dan USINDOPACOM akan terus berjalan dan berkembang sesuai dinamika situasi global. Hal tersebut terbukti dengan pelaksanaan beberapa kegiatan kerjasama yang telah direncanakan dan disepakati, secara kontinyu dilaksanakan dalam berbagai bentuk pertemuan, operasi, dan pelatihan, serta termasuk berbagi informasi, meskipun dengan metode pelaksanaan yang berbeda.

Lebih lanjut disampaikan, forum USIBDD merupakan sarana komunikasi dan koordinasi antara militer kedua negara dalam membahas kerjasama yang telah diagendakan setiap tahun serta untuk menetapkan perencanaan kegiatan satu tahun ke depan. Pertemuan ini sambungnya, akan mengevaluasi program kerja yang telah dilaksanakan di tahun 2022 sekaligus membahas rencana program kerja sama di tahun 2023.

"Saya berharap dalam forum yang terhormat ini, seluruh peserta baik delegasi TNI maupun USINDOPACOM dapat berkontribusi aktif dan maksimal dalam membahas berbagai isu. Pastikan hasil yang dicapai sesuai dengan apa yang tercantum dalam kesepakatan USIBDD. Jika ada materi tambahan, tujuan strategis USIBDD harus menjadi prioritas. Hal ini sangat penting, mengingat tujuan strategis forum ini adalah parameter dalam menentukan esensi kerjasama kita sekarang dan masa depan," pungkasnya.

Pertemuan yang dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 13-14 Desember 2022 ini membahas beberapa materi kerja sama militer antara kedua negara dengan materi yang terus berkembang menyesuaikan dinamika perubahan situasi global dalam upaya mewujudkan perdamaian dunia.

Dalam pertemuan tersebut, delegasi Amerika Serikat dipimpin oleh Brigadier General Thomas James, Mobilization Assistant to the J5 United States Indo-Pacific Commands (USINDOPACOM).

 

 

Download :
Download :
Download :
Download :