KERJASAMA KEAMANAN DAN KERJASAMA PERBATASAN

Jum`at, 12 Agustus 2016 10:44:17 - Oleh : Sops TNI - Dibaca : 2298

KERJASAMA KEAMANAN DAN KERJASAMA PERBATASAN

 

1.         Kerjasama RI - Amerika.

USIBDD (United State-Indonesia Bilateral Defence Discussion) merupakan kegiatan sidang kerjasama bilateral antara militer Indonesia dan militer US yang terorganisir dan terukur. Untuk ketua bersama dari pihak TNI adalah Asops Panglima TNI dan dari pihak US adalah Komandan USPACOM.

       Dalam 1 tahun ada 4 kegiatan pertemuan yakni :

            1)   First Quarter Meeting.

       2)   Midterm Meeting.

       3)   Third Quarter Meeting.

       4)   USIBDD Meeting

 

2.         Kerjasama RI-Australia

Australia-Indonesia Joint Operation and Exercise Sub-Committee (Ausindo JOESC) kerjasama bidang operasi dan latihan antara kedua negara dimana ketua bersama forum ini adalah Asisten Operasi Panglima AB kedua Negara.Kegiatan ini dilaksanakan setahun sekali.

 

3.         Kerjasama RI-Brunei

Brunei Darusalam-Indonesia Joint Operation and Exercise Sub-Committee (Brunesia JOESC)  kerjasama bidang operasi dan latihan antara kedua negara dimana ketua bersama forum ini adalah Asisten Operasi Panglima AB kedua Negara. Pertemuan Brunesia JOESC dilaksanakan 1 kali dalam setahun.

 

4.         Kerjasama RI-RRT

Kerjasama RI-RRT dilaksanakan untuk mengakui hubungan persahabatan antara kedua Negara dan rakyat masing-masing dan untuk mempromosikan kerjasama pertahanan untuk melayani kepentingan umum dari kedua Negara serta mengembangkan kerjasama pertahanan yang saling menguntungkan. Ketua delegasi adalah Menlu RI dan TNI sebagai anggota delegasi.

 

5.         Kerjasama RI-Malaysia

COCC Malindo (Coordinated Operation Control Committee) Payung hukum kegiatan ini adalah Delegasi Indonesia dan delegasi Malaysia membahas evaluasi kegiatan bidang operasi yang dilaksanakan antara TNI dan ATM. Pertemuan COCC dilaksanakan 2 kali dalam setahun.

 

6.         Kerjasama RI – PNG

JSCSM ( Joint Sub Committee on Security Matter ), dipimpin Waasops Panglima TNI selaku ketua delegasi militer Indonesia. Tujuannya untuk meningkatkan kerja sama dalam administrasi dan pembangunan kawasan perbatasan untuk kepentingan bersama rakyat kedua Negara dengan memperhatikan hak-hak dan kebiasaan-kebiasaan tradisional rakyat yang tinggal di kawasan perbatasan sebagaimana yang telah dilakukan oleh kedua pemerintah. Pertemuan dilaksanakan setahun 1 kali.

 

7.         Kerjasama RI - Philipina

Phiipina-Indonesia Joint Operation and Exercise Sub-Committee (Philindo JOESC)  kerjasama bidang operasi dan latihan antara kedua negara dimana ketua bersama forum ini adalah Asisten Operasi Panglima AB kedua Negara. Pertemuan dilaksanakan setahun 1 kali.

 

8.         Kerjasama RI - RDTL

Joint Sub Committe on Security Matters (JSCSM) dipimpin oleh Waasops Panglima TNI. Dilaksanakan setahun sekali. Tujuannya untuk meningkatkan dan memperluas hubungan bilateral kedua negara melalui kerja sama pertahanan antara kedua negara berdasarkan prinsip keadilan, saling menguntungkan dan menghargai kedaulatan dan integritas negara.

 

9.         Kerjasama RI - Singapura

Indonesia-Singapura Joint Operation and Exercise Committee (ISJOEC)  kerjasama bidang operasi dan latihan antara kedua negara dimana ketua bersama forum ini adalah Asisten Operasi Panglima AB kedua Negara. Sejak tahun 2016 pertemuan dilaksanakan setahun sekali.

 

10.       Kerjasama RI – India

Hingga saat ini untuk kerjasama Mil To Mil ditingkat Mabes TNI belum ada,          JDCC kegiatan dibawah Kemhan dan untuk TNI mengirim delegasi untuk hadir. Tujuan kerjasama ini adalah untuk menyediakan kerangka kerja untuk mempromosikan hubungan bilateral antara lembaga pertahanan kedua belah pihak dan untuk mempromosikan kegiatan kerjasama dibidang pertahanan.

 

11.       Kerjasama Malsindothai

Mabes TNI pada level Kebijakan. JCC (Joint Coordinated Committee), Memiliki 3 (tiga) Tanggung Jawab, yaitu:

1)         Mempersiapkan petunjuk/ panduan dalam Kesiagaan dan Memerangi perompakan bersenjata dan ancaman-ancaman terhadap pelayaran di Area-area Operasi, serta pertukaran data intelijen.

2)         Mempersiapkan kebija-kan kebijakan operasi yang luas berdasarkan kepada MSSP dan EiS.

3)         Memonitor Implementasi dari pengembangan petunjuk/ panduan oleh IEG, MSSP JWG dan EiS JWG.  Kegiatan pertemuan antar Asops Panglima Angkatan Bersenjata, dilaksanakan setahun sekali.

 

12.       Kerjasama AMOIM

AMOIM (Asean Military   Operation Informal Meeting) merupakan kegiatan pertemuan Asisten Operasi Panglima Angkatan Bersenjata se-ASEAN. Tujuan AMOIM untuk mewujudkan dan meningkatkan kerjasama militer pada tataran operasional dalam rangka membentuk Confidence Building measures (CBM) dan Capacity Building antara Militer Negara-negara ASEAN. Kegiatan dilaksanakan setahun sekali.

 

13.       Kerjasama ASEAN

TNI selaku anggota sekretariat ASEAN Indonesia selalu mengirim dan berperan aktif selaku delegasi dalam berbagai pertemuan di forum ASEAN seperti pertemuan dibawah ASEAN Regional Forum (ARF) Leading Sector oleh Kemlu maupun ASEAN Defence Minister Meeting (ADMM) Leading Sector oleh Kemhan.