KEGIATAN AKADEMI TNI DI LUAR NEGERI

Jum`at, 26 Agustus 2016 15:39:37 - Oleh : Akademi TNI - Dibaca : 570

KEGIATAN AKADEMI TNI DI LUAR NEGERI

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KEGIATAN AKADEMI TNI DI LUAR NEGERI

 

Akademi TNI juga turut serta mengikuti kegiatan internasional yang dilaksanakan di luar negeri. Diantaranya yaitu:

 

1. World Cadet Games

Kejuaraan Dunia Taruna CISM (CISM World Cadet Games) adalah kejuaraan internasional multi sport, yang dilaksanakan setiap empat tahun sekali. Kejuaraan tersebut diperuntukkan bagi Taruna Akademi Militer (Land Force Academies), Taruna Akademi Angkatan Laut (Naval Academies), Taruna Akademi Angkatan Udara (Air Forces Academies) dan Taruna Akademi lainnya, seperti Taruna Akademi Cendermarie dan Carabinaire, berusia antara 17- 24 tahun.

CISM World Cadet Games merupakan dedikasi Dewan Olahraga Militer Internasional (CISM - Consielle International du Sport Militaire) dan Angkatan Bersenjata yang tergabung dalam organisasi CISM dalam rangka pendidikan, promosi budaya, peningkatan prestasi, wawasan dan pengalaman, serta menyatukan persepsi generasi muda militer dalam hal ini Taruna Militer negara- negara di dunia dalam kerangka friendship through Sport dan game for peace. Indonesia dalam hal ini TNI telah menjadi anggota CISM ke-133 pada tahun 2010, dan keikutsertaan Taruna Akademi TNI merupakan penguatan kehadiran TNI di forum komunikasi militer internasional.

Keikutsertaan Taruna Akademi TNI dalam 1st World Cadet Games 2010 yang dilaksanakan di Ankara Turki dan diikuti oleh 22 Negara dengan mengikuti tiga cabang olahraga yaitu Track & FieldOrienteering, dan Modern Pentathlon. Pada Olimpiade tersebut dikirim 14 Taruna AkademiTNI dan 8 orang pendukung dan pelatih.

Hasil yang dicapai memang belum bisa diharapkan, namun penampilan Taruna Akademi TNI dapat menunjukkan prestasi yang cukup membanggakan dengan menempati peringkat 15 dari 22 negara peserta.

2nd World Cadet Games 2014 dilaksanakan di Quito Equador pada bulan Oktober. Taruna Akademi TNI mengikuti cabang olah raga shooting, track and fieldswimming dan orienteering.

 

2. NDA (National Defense Academy)

Mulai tahun 2011 kesempatan bagi Taruna Akademi TNI untuk mengenyam pendidikan di National Defense Academy (NDA) Jepang terbuka luas melalui beasiswa Kemhan untuk N DA yang bermarkas di kawasan Yokosuka, Provinsi Kanagawa Jepang. Pengiriman Taruna Akademi TNI ke NDA Jepang pada prinsipnya merupakan salah satu bentuk kelonggaran hubungan pertahanan Jepang dengan berbagai negara di dunia termasuk Indonesia. Pengiriman Taruna Indonesia ke Jepang untuk menimba ilmu diharapkan dapat memberikan kontribusi lebih baik dalam mengatasi tantangan keamanan global, juga untuk mempelajari trend dan perkembangan keamanan regional dan internasional yang dinamis.

 

Untuk pembinaan Taruna selama dalam status penerima beasiswa pendidikan di NDA Jepang dilakukan oleh Atase Pertahanan Rl di Jepang, sedangkan jangka waktu studi di NDA Jepang sesuai kurikulumnya akan ditempuh selama 5 tahun, 1 tahun untuk pendalaman bahasa Jepang dan 4 tahun untuk akademi. Hingga saat ini Taruna yang menerima beasiswa NDA Jepang sebanyak 40 orang, yang terdiri dari 13 orang Taruna AD, 13 orang Taruna AL dan 14 orang Taruna AU.

 

 

Download : cism.jpg
Download :
Download :
Download :
Download :