KERJA SAMA NONASEAN

Jum`at, 16 Juni 2017 10:56:14 - Oleh : Puskersin TNI - Dibaca : 787

KERJASAMA NON ASEAN

  1. BILATERAL

a.Kerjasama RI-Arab Saudi. Kerja sama RI dengan Arab Saudi diimplementasikan oleh Kementerian Pertahanan kedua negara di mana Puskersin TNI terlibat sebagai delegasi dalam Pertemuan Bilateral Tahunan Joint Working Group (JWG) RI-Arab Saudi yang sudah dilaksanakan pada tanggal 18 s.d. 22 Januari 2016.

b.Kerjasama RI-India. Kerja sama RI dengan India yang diimplementasikan oleh Kementerian Pertahanan kedua negara di mana Puskersin TNI terlibat sebagai delegasi dalam bentuk Pertemuan Bilateral Tahunan Joint Defence Cooperation Committee (JDCC) INDINDO RI-India.

c.Kerjasama RI-Belanda. Kerja sama RI dengan Belanda yang diimplementasikan oleh Kementerian Pertahanan kedua negara di mana Puskersin TNI terlibat sebagai delegasi dalam bentuk Pertemuan Bilateral Tahunan Netherland-Indonesia Strategic Talks (NIST) RI-Belanda. Pertemuan ini telah dilaksanakan pada tanggal 17 Mei 2016 di Jakarta.

d.Kerjasama RI-Italia. Kerja sama RI dengan Italia yang diimplementasikan oleh Kementerian Pertahanan kedua negara di mana Puskersin TNI terlibat sebagai delegasi dalam bentuk Pertemuan Bilateral Tahunan Joint Working Group (JWG) RI-Italia.

       2. MULTILATERAL

a.Konferensi Multilateral Tahunan United Nations Chiefs of Defense (UN CHOD’S) Conference merupakan forum yang sama dengan di atas (CHOD) namun dalam lingkup PBB (UN) yang khususnya dihadiri oleh negara-negara yang terlibat Peace Keeping Operation (PKO).

b.South and South East Asian Nasional Defence Chiefs’ Dialogue (SASEAN DCD) merupakan forum diskusi antara Panglima Angkatan Bersenjata di kawasan Asia khususnya Asia Selatan dan Asia Tenggara. Acara tersebut dihadiri oleh Panglima Angkatan Bersenjata dari 6 negara ASEAN serta Perwira Tinggi Pertahanan dari Tiongkok dan Rusia guna membahas kerja sama dalam mewujudkan keamanan regional yang tangguh, terkoordinasi dan berkelanjutan.  Pada tahun ini forum ini adalah forum ke-3 yang direncanakan dilaksanakan di Pakistan.