Kapusbintal TNI menerima kunjungan dari ICRC (International Comittee of the Red Cross)

Rabu, 12 Oktober 2022 17:28:40 - Oleh : Pusbintal TNI - Dibaca : 215

Kapusbintal TNI menerima kunjungan dari  ICRC  (International Comittee of the Red Cross)

Kapusbintal TNI Laksamana Pertama TNI Drs. Ian Heriyawan CHRMP menerima kunjungan dari ICRC  ( International Comittee of the Red Cross ) di Ruang Rapat  Pusbintal TNI pada Rabu tanggal 12 Oktober 2022 yang di dampingi dari Babinkum TNI, Sintel TNI , Puskersin TNI   dan Para Kabid Pusbintal TNI.  Dari ICRC diwakili oleh Mrs. Dorothea Krimitsas,  Ms.  Laurance Grace,  Brigjen (Purn) Dr. Wahyu Wibowo  dan Ahmad Nasrullah.

Merupakan kehormatan bagi Pusbintal TNI atas kedatangan rombongan dari ICRC dalam rangka sosialisasi dan sekaligus berdiskusi tentang kiprah ICRC serta kiprah  Rohaniwan Militer dalam menyikapi perubahan perilaku dalam menghormati  hukum Humaniter Internasional khususnya dalam menyikapi berbagai beberapa konflik bersenjata.

Kapusbintal TNI mengapresiasi atas inisiasi dari ICRC untuk melaksanakan dialog dan sosialisasi pada kesempatan ini, karena kami bangga dengan ICRC sebagai organisasi dunia yang didirikan sejak tahun 1863 sebelum lahirnya konvensi Jenewa dan mulai hadir di Indonesia Tahun 1942 yang dalam perjalanannya telah banyak berkiprah dalam urusan kemanusiaan. Peran aktif ICRC telah banyak diakui dunia sejalan dengan prinsip netralitas dalam setiap pelayanannya telah menjadikan ICRC tetap eksis dalam berbagai penyelesaian konflik di beberapa negara.             

Pada kesempatan yang terhormat ini, Kapusbintal TNI memperkenalkan staf Pusbintal TNI yang hadir, diantaranya Kolonel Sus Jimmy Steven, S.Th sebagai kepala bidang umum (beliau juga seorang Pendeta), Kolonel Laut (KH) Shaleh Amirudin, S.Ag., M.Si. Kepala Bidang Rohani (sekaligus sebagai Ustadz), Kolonel Sus Yoseph Maria Marcelinus  Bintoro, S.Fil., M.Sc., Pr. (merangkap Romo dan Wakil Uskup TNI/POLRI), Kolonel Inf Dadang Setia, S.Ag.  Kepala Bidang Tradisi Kejuangan,  Kolonel Inf Drs. Abdul Qohar, M.Si.  Kepala Bidang Bintal Fungsi Komando, Kolonel Caj Drs Wagirun Kepala Bidang Pengkajian dan Pengembangan, Kolonel Sus Hasanudin, S. Ag  Kepala Bidang Pengelola Zakat dan Dana Umat,  dan Kolonel  Laut (KH) Chumaidi S.Ag Kepala Bidang Psikologi.

Pusbintal TNI merupakan badan pelaksana Pusat di tingkat Mabes TNI yang bertanggungjawab kepada Panglima TNI.  Tugas pokok yang diemban Pusbintal TNI yakni melaksanakan Pembinaan Mental kepada seluruh prajurit TNI.  Pelaksanaan pembinaan mental prajurit TNI  mengacu kepada 4  komponen utama yang meliputi, Pembinaan Rohani atau Keagamaan, Pembinaan Ideologi, Pembinaan Tradisi Kejuangan, dan Pembinaan Kejiwaan.  Dengan pola pembinaan tersebut diharapkan  para prajurit TNI memiliki mental yang tangguh yang dapat mendukung pelaksanaan tugas pokok TNI,  baik tugas operasi militer perang maupun tugas operasi militer selain perang.

Kapusbintal TNI berharap kehadiran ICRC pada kesempatan ini akan memberikan tambahan wawasan kepada para Perwira Pusbintal TNI, khususnya para Rohaniwan Militer dalam melaksanakan tugas yang ada korelasinya dengan  Hukum Humaniter Internasional.

Demikian  disampaikan Kapusbintal TNI dalam sambutan ini, kiranya Tuhan senantiasa memberkati setiap aktifitas kita dalam menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan membuat suasana damai dalam kehidupan dunia.