PANGDIVIF 2/KOSTRAD SAMBUT KEDATANGAN YONIF 503/MAYANGKARA DARI PAMTAS RI-PNG

Rabu, 3 Januari 2018 15:26:18 - Oleh : Kogartap III/Surabaya - Dibaca : 799

PANGDIVIF 2/KOSTRAD SAMBUT KEDATANGAN  YONIF 503/MAYANGKARA DARI PAMTAS RI-PNG

Pangdiv 2/Kostrad Sambut Kedatangan Yonif 503/Mayangkara Dari Pamtas RI-PNG

Yonif Para Raider 503/Mayangkara merupakan pasukan tempur yang memiliki spesifikasi operasional di segala medan dan cuaca (Linud), kini telah mahir dalam operasi penyergapan teroris (Raider). Nama kesatuan Yonif Linud 503/Mayangkara pun resmi diganti menjadi Yonif Para Raider 503/Mayangkara. Pasukan ini memiliki kemampuan operasi disegala medan dan cuaca. Baik di perkotaan, hutan, gunung, sungai, rawa, laut dan pantai. Dengan latihan kemampuan mereka ditambahi dengan kemampuan Raider. Batalyon tersebut merupakan bagian dari satuan jajaran Brigif Para Raider 18/Trisula, Divisi Infanteri 2/Kostrad yang berlokasi di Mojosari, Mojokerto Jawa Timur. Sebagai pasukan lintas udara yang juga merupakan bagian dari PPRC TNI (Pasukan Pemukul Reaksi Cepat TNI).

Beberapa waktu yang lalu Yonif 503/MK mendapat kepercayaan dari pemerintah RI untuk menjaga wilayah perbatasan RI-PNG di wilayah Merauke Papua. Yang terkenal dengan kondisi alam dan cuaca yang ekstrim. Mereka bertugas untuk menjaga patok-patok perbatasan dengan negara tetangga yaitu Papua Nugini. Walaupun dihadapkan dengan kondisi alam medan yang sulit, mereka tetap menjalankan kewajiban untuk menjaga kedaulatan dan keamanan negara di wilayah perbatasan. Selain menjaga patok-patok perbatasan tersebut agar tidak digeser ataupun dirusak, para prajurit TNI juga menjaga wilayah tersebut dari pelintas batas ilegal serta peredaran barang-barang ilegal seperti Narkoba, miras, senjata api dan amunisi serta para pekerja ilegal.

Hari Jum’at (29/12/2017) bertempat di Dermaga Madura Koarmatim Ujung Surabaya dilaksanakan upacara penyambutan satgas Operasi Pengamanan Perbatasan RI-PNG Yonif Para Raider 503/Mayangkara.Mereka telah kembali dari melaksanakan tugas selama kurang lebih satu tahun berada di Papua. Oleh Kogartap III/Surabaya yang menjadi penyelenggara pelaksanaan upacara penyambutan.

Dalam upacara penyambutan Yonif 503/MK yang menjadi Irup adalah Panglima Divisi Infanteri 2/Kostrad (Mayjen TNI Agus Suhardi), dalam amanatnya Pangdivif mengatakan pertama-tama marilah kita memanjatkan puji syukuratas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas segala limpahan dan rahmat dan Ridho-Nya  pada hari ini kita dapat mengikuti upacara penyambutan Satgas Ops Yonif Para Raider 503/18/2/Kostrad dari wilayah perbatasan RI-PNG dalam keadaan sehat wal’afiat.

“Selaku Panglima Divisi Infanteri 2/Kostrad mengucapkan selamat datang dan selamat tiba kembali di Pangkalan, disertai ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas hasil pelaksanaan tugas dan pengabdian selama di daerah penugasan, sebagaimana ketentuan yang berlaku, selesai melaksanakan tugas operasi agar dilakukan pemeriksaan perorangan serta inventarisir kembali materiil yang dipertanggung jawabkan agar tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan sebelum kembali ke kesatuan. Saya mengharapkan dengan keberhasilan yang telah kalian capai selama melaksanakn operasi jangan membuat kalian sombong dan bersikap tinggi hati yang pada akhirnya dapat merugikan nama satuan”, tegas Pangdivif.

Ucapan terima kasih dan pengahargaan  yang setinggi-tingginya  kepada instansi dan semua pihak yang telah memberikan dukungan atas terselenggaranya upacara penyambutan Satgas Ops Pamtas RI-PNG Yonif Para Raider 503/18/2 Kostrad juga disampaikan oleh Irup.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Kasgartap III/Surabaya, Kasarmatim, Dankodikopsla, Danrem 084/BJ, Danpomdam V/Brw, Kapolrestabes Surabaya, Kapolres Tanjung Perak, Kasat Brimob Polda Jatim dan Asops Kasgartap III/Surabaya serta pejabat dari tiap-tiap Kotama TNI wilayah Surabaya.

 

 

 

Download : IMG_9347.JPG
Download :
Download :
Download :
Download :