Kegiatan Kapusbintal TNI dalam kunjungan dan memberikan pembekalan kepada seluruh personel Mako Lantamal X Jayapura, Papua

Kamis, 27 Oktober 2022 15:04:47 - Oleh : Pusbintal TNI - Dibaca : 204

Kegiatan Kapusbintal TNI dalam kunjungan dan memberikan pembekalan kepada seluruh personel Mako Lantamal X Jayapura, Papua

Rangkaian kunjungan dan pembekalan Kapusbintal TNI Laksamana Pertama TNI Drs. Ian Heriyawan, CHRMP., diawali kunjungan Courtesy Call (CC) ke Komandan Lanud Silaspapare, Komandan Lantamal X Jayapura dan juga ke Pangdam XVII/Cendrawasih, Rabu (26/10/2022).

Kunjungan ke Lanud Silaspapare, Kapusbintal TNI diterima langsung oleh Komandan Lanud Silaspapare Marsekal Pertama TNI Dadan Gunawan, S.T, M.M,. di ruang kerjanya, silaturahim kali ini terasa hangat dengan berbagi informasi  dan tukar pendapat serta membicarakan bagaimana pola pembinaan mental bagi prajurit TNI dimasa yang akan datang, karena disadari bahwa Prajurit TNI saat ini sudah banyak yang dari golongan generasi Z, sehingga diperlukan karakteristik dan pola pembinaan mental yang bisa diterima oleh prajurit saat ini dan yang akan datang, lebih lanjut Kapusbintal TNI menyatakan terimakasih sudah diterima dengan baik di Lanud Silaspapare, berharap kedepan kerjasama lebih ditingkatkan.

Sementara kunjungan ke Mako Lantamal X Jayapura Kapusbintal TNI diterima oleh Komandan Lantamal X jayapura Brigjen TNI (Mar) Feryanto Pardamaian Marpaung yang diawali dengan penyambutan khas TNI AL yaitu dengan Valreep dan langsung menuju ruang kerja Komandan Lantamal X Jayapura, dalam perbincangan yang hangat dipagi hari untuk wilayah terbit matahari diujung timur Indonesia ini, Kapusbintal TNI menyampaikan rasa terimakasih sudah diterima dengan baik oleh Komandan Lantamal X Jayapura, berikut Kapusbintal TNI menyampaikan bahwa Pusbintal TNI akan terus melakukan perbaikan dan pengembangan dalam metode dan pola pembinaan mental prajurit TNI khususnya bagi prajurit yang sedang melaksanakan tugas, menyadari bahwa keterbatasan yang ada tidak dijadikan kendala, namun justru dijadikan peluang untuk tetap eksis dan maju dalam pembinaan Mental prajurit TNI.

Selesai dari kunjungan ke Mako Lantamal X Jayapura Kapusbintal TNI melanjutkan kunjungannya ke Makodam XVII/Cendrawasih di Jayapura, dalam kunjungan kali ini Kapusbintal TNI diterima oleh Kasdam XVII/Cendrawasih dikarenakan Pangdam XVII/Cendrawasih sedang berada di Jakarta, namun tidak mengurangi rasa kehangatan dalam kunjungannya karena diawali shalat dzuhur berjama’ah dimasjid Al-Fajr Makodam XVII/Cendrawasih, yang langsung diimami oleh Kasdam XVII/Cendrawasih Brigjen TNI R. Sidharta Wisnu Graha, S.E., dalam obrolan silaturahimnya Kapusbintal TNI mengemukakan beberapa rencana dan konsep pola pembinaan mental prajurit TNI yang dirasakan saat ini mulai mengalami penurunan (degradasi). Kapusbintal TNI sangat berterima kasih sudah disambut dengan penuh keakraban dan kehangatan, selanjutnya berharap silaturahim ini akan tetap terjalin demi membangun dan membina kekuatan Prajurit TNI baik fisik maupun mentalnya.

Demikian rangkaian kunjungan Kapusbintal TNI yang masing-masing diakhiri dengan tukar cinderamata/plakat, baik dari Kapusbintal TNI Komandan Lanud dan Kasdam XVII/cendrawasih.

Kegiatan pembekalan, Kapusbintal TNI Laksamana Pertama TNI Drs. Ia Heriyawan, CHRMP,. Memberikan Pembekalan Bintal kepada personel Lantamal X Jayapura pada hari Rabu, 26 Oktober 2022 bertempat di Aula Samudera Loka, hadir pada kegiatan tersebut Komandan Lantamal X Jayapura, para Asisten, Kadis dan seluruh Anggota Lantamal X Jayapura.

Dalam ceramahnya Kapusbintal TNI mengawalinya dengan bernostalgia dalam suasana yang penuh kekeluargaan dan keakraban disampaikan bahwa abad 21 sebagai abad keresahan yang menimbulkan perasaan cemas dan gelisah, itu semua bisa dikarenakan tuntutan hidup, konflik sosial dan kesenjangan serta faktor kesehatan, sehingga sangat diperlukan kestabilan emosi yang kokoh untuk menghadapinya.

Itu semua akan bisa terjawab apabila manusia, didalamnya juga termasuk Prajurit TNI memiliki nilai-nilai atau value yang kuat dan kokoh didasarkan pada nilai-nilai agama, ideologi, kejuangan dan juga kematangan jiwa, apabila semua itu bisa dimiliki oleh seorang anggota TNI maka mereka akan memiliki karakter yang kuat hingga bisa bersikap teguh dan memiliki jatidiri yang tangguh, sebagaimana semboyan pembina mental TNI Pinaka Baladika Utama, yaitu Prajurit yang bermental tangguh.

Perkembangan situasi dan kondisi tidak bisa dipungkiri, sekarang bukan lagi yang kuat memakan yang lemah, namun yang cepat akan mengalahkan yang lambat, maka sebagai seorang prajurit dan anggota dan keluarga TNI harus mampu merebut kesempatan untuk keluar dari berbagai kesulitan dalam hidup.

Acara pembekalan berjalan dengan lancar dan seluruh peserta sangat antusias mengikutinya karena disampaikan dengan gaya khas Kapusbintal TNI yang sangat menarik dan penuh dengan makna, juga dibarengi dengan nyanyian indah suara emas Kapusbintal TNI

Diakhir acara Kapusbintal TNI menutup acara dengan renungan dan do’a, dipimpin dari berbagai agama. Demikian rangkaian  kegiatan Kapusbintal TNI yang dilaksanakan di Wilayah Papua.