Pusbintal TNI berikan Pembekalan Bintal di Lemasmil VI Jayapura

Kamis, 27 Oktober 2022 15:12:10 - Oleh : Pusbintal TNI - Dibaca : 265

Pusbintal TNI berikan Pembekalan Bintal di Lemasmil VI Jayapura

Dalam rangka realisasi program pembinaan mental TNI, Pusbintal TNI melaksanakan Penyuluhan Bintal di Lemasmil VI Jayapura pada tanggal 27 Oktober  2022, Kapusbintal TNI  Laksamana Pertama TNI Drs. Ian Heriyawan, CHRMP., yang didampingi oleh  Kabidbintal Psikologi Pusbintal TNI Kolonel Laut (KH) Chumaidi, S.Ag. Hadir dalam kegiatan tersebut Kamasmil VI Jayapura seluruh anggota organik  dan seluruh warga binaan Lemasmil VI Jayapura. Dalam sambutannya Kapusbintal TNI yang mengatakan bahwa Pembinaan mental harus dilakukan terus menerus berlanjut dan dinamis, karena ketangguhan mental menjadi basis tumbuhnya kesadaran dan kepekaan untuk menjawab setiap tantangan tugas. Lebih lanjut Kapusbintal TNI menyampaikan bahwa warga binaan adalah warga TNI yang memiliki hak yang sama untuk mendapatkan pembinaan mental disamping hak-hak lainnya, tetap mendapatkan perhatian dan perawatan dinas. Oleh karenanya Kapusbintal TNI berpesan tetaplah semangat tumbuhkan kepercayaan diri, sabar dan tawakal, tingkatkan kepedulian, kebersamaan, kesetiakawanan, rasa senasib sepenanggungan, bangun jiwa korsa, soliditas dan disiplin dalam menjalankan setiap aturan-aturan yang ada, jadikan kondisi yang lebih baik setelah kegiatan ini.

Kegiatan pembekalan ini dilaksanakan dalam dua sesi, sesi pertama adalah pembekalan penyuluhan dan sesi kedua adalah konseling dari prabin Masmil VI Jayapura, pada sesi pertama Kapusbintal TNI  memberikan materi penyuluhan dengan mengambil tema “Teruslah Melangkah Dan Jangan Menyerah, Teruslah Mengabdi Dalam Segala Situasi”, Tema ini mengantarkan agar para Prabin dan antap terus semangat dalam menjalankan tugas dan tanggungjawabnya masing-masing, dalam keadaan apapun akan selalu siap menghadapi.  Hidup seorang manusia tidak akan pernah lepas dari masalah, problema dan juga tantangan dan hambatan,  semua itu akan dapat dilalui dengan mudah manakala dalam diri seseorang ada semangat dan selalu ada mimpi-mimpi yang ingin dicapai. Materi yang disampaikan disini terlihat dinamis dan berkembang komunikasi yang baik antara prabin dan tim penyuluh karena acara dibarengi dengan game-game yang membangun semangat kerjasama, problem solving, komunikasi. Di akhir kegiatan dilaksanakan pembulatan dan muhasabah untuk instrospeksi diri. Seluruh peserta yang Prabin ini terlihat antusias dan fokus mengikuti seluruh rangkaian penyuluhan selama kegiatan berlangsung.

Pada sesi kedua diberikan layanan konseling bagi para Prabin sebagai motivasi dan juga layanan bimbingan terhadap prabin mempersiapkan diri dan mentalnya khususnya pada saat selesai menjalani penyelesaian masalah di Lemasmil VI Jayapura.  Di akhir kegiatan Kapusbintal TNI memberikan penguatan bahwa hadapi semua yang ada dengan “Syukur dan sabar”