PERINGATAN MAULUD NABI MUHAMMAD SAW KOGARTAP III/SURABAYA

Rabu, 10 Januari 2018 11:03:35 - Oleh : Kogartap III/Surabaya - Dibaca : 657

PERINGATAN MAULUD NABI MUHAMMAD SAW KOGARTAP III/SURABAYA

PERINGATAN MAULUD NABI MUHAMMAD SAW KOGARTAP III/SURABAYA

Maulid Nabi adalah peringatan hari lahir Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada 12 Rabiul Awal (kalender Islam). Sebenarnya ada dua versi tentang kelahiran Muhammad. Menurut riwayat yang bersumber dari sahabat Nabi, beliau lahir pada Senin 12 Rabi’ul Awwal tahun gajah. Namun menurut riwayat yang bersumber dari ahlul bait Nabi, beliau lahir saat terbit fajar, hari Jumat 17 Rabiul Awwal tahun gajah. Bagaimanapun versinya, malam kelahiran Nabi adalah malam yang sangat mulia. Muhammad lahir di Mekkah dari ibu bernama Aminah, dan ayahnya bernama Abdullah. Kakek Nabi Muhammad bernama Abdul Muththalib. Dalam menyambut Maulid Nabi, tidak ada anjuran membaca doa khusus untuk dibaca. Namun, umat Islam dianjurkan membaca selawat nabi sebanyak-banyaknya, sebagai ungkapan rasa cinta kepada Baginda Rasul. Selawat nabi itu dapat dibaca pagi, siang, sore, atau setelah mengerjakan salat lima waktu. Tak hanya membaca selawat. Umat Islam juga dianjurkan sedekah, berbuat kebaikan, bersolek diri dan mengungkapkan kebahagiaan di hari Maulid Nabi. Ini seperti yang diterangkan Sayid Bakri bin Sayid M Syatho Dimyathi dalam I‘anatuttholibin yang artinya: Imam Abu Syamah (guru penulis) berkata, “Salah satu dari sekian banyak bid‘ah paling hasanah di zaman kita ialah kelaziman yang dibuat masyarakat setiap tahun dalam merayakan harlah Rasulullah SAW berupa sedekah, berbuat ma’ruf, dan bersolek diri atau merapikan desa serta menyatakan kegembiraan. Semua itu berikut perbuatan baik kepada orang-orang faqir, menunjukkan rasa cinta kepada Nabi Muhammad SAW, keagungan serta kebesaran beliau SAW di hati mereka yang merayakan maulid, dan bentuk syukur kepada Allah atas anugerah-Nya dalam menciptakan seorang Rasulullah yang diutus sebagai rahmat bagi sekalian alam. Semoga Allah melimpahkan sholawat dan salam kepada rasul-Nya SAW.”

Pada hari Rabu (20/12/2017) bertempat di gedung serbaguna Kogartap III/Surabaya dilaksanakan ceramah agama dalam rangka memperingati Maulud Nabi Muhammad SAW 1439 H/2017 M dengan kajian Al-Qur’an oleh ustad Dadi Supriadi S.Ag., dalam acara tersebut dihadiri oleh sekitar 400 orang undangan yang terdiri dari Waasmin Kasgartap III/Surabaya dan Perwira Bintal jajaran TNI-POLRI serta ibu-ibu IKKT Kogartap III/Surabaya. Dalam sambutannya Kasgartap III/Surabaya yang disampaikan oleh Waasmin Kasgartap III/Surabaya menyampaikan yang intinya adalah “Tingkatkan pemahaman agama Islam  dalam kehidupan sehari-hari dan petik hikmah pesan moral pada peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW serta diharapkan kepada seluruh anggota untuk selalu berlaku disiplin dengan meningkatkan loyalitas dan dedikasi yang tinggi dalam dinas”.

Kemudian dalam ceramahnya Ustad Dadi Supriadi selalu mengupas tentang kajian Al-Qur’an. Salah satunya Surat Al-Baqarah Ayat 213 yang menjelaskan bahwa Allah mengutus para Nabi  ke dunia sebagai pembawa kabar gembira.

Orang-orang yang beriman  sebagai penghuni Surga terdiri dari 3 kriteria yaitu :

1.    Orang yang senantiasa mengharap rahmat dari Allah SWT.

2.    Meyakini hari Qiamat.

3.    Selalu mengingat akan Allah SWT.

Dan juga dijelaskan bahwa Allah SWT memberikan peringatan kepada manusia ada tiga tahap yaitu :

·         Lewat Al-Qur’an.

·         Membinasakan/memberi musibah pada negeri-negeri yang ada disekitarnya

·         Dan kemudian memberikan musibah yang langsung menimpa pada dirinya sendiri.

 

 

 

Download :
Download :
Download :
Download :