PROFIL SAHLI PANGLIMA TNI

Rabu, 14 Maret 2018 11:45:15 - Oleh : Sahli Panglima TNI - Dibaca : 1531

PROFIL STAF AHLI PANGLIMA TNI

 

1.         Visi dan Misi

a.       Visi.    Terwujudnya Staf Ahli Panglima TNI yang profesional dalam pembuatan tulisan yang terkini, cepat dan bersifat strategis.

b.         Misi.   

1.         Melaksanakan update data di masing-masing Sahli Bidang sesuai perkembangan lingkungan strategis dalam tataran global, regional maupun nasional yang dinamis dengan cara Puldata ke daerah, koordinasi dengan Staf Umum/instansi terkait dan internet.

2.         Sebagai Badan Staf dari Panglima TNI yang mampu dalam memberikan telaahan secara komprehensif dan konsepsional masalah nasional dan internasional.

3.         Melaksanakan pembuatan kajian bidang secara akademis yang bersifat strategis di bidang Polkamas, Komsos, Intekmil dan Siber, Jahpers, Hubint, Banusia, Sosbudkum HAM dan Narkoba, Wassus dan LH serta Ekkudag.

4.         Menjadi Tim Amanat yang mampu menyediakan pointers/bahan ceramah/bahan rapat untuk kegiatan Panglima TNI pada kuliah umum, Rakorsus/Rakortas dan Sidang Kabinet Kerja di Kementrian/Lembaga (K/L) Pemerintah dan Lembaga Pemerintah Non Kementrian (LPNK) serta rapat dengar pendapat (RDP) dengan DPR RI

5.         Melaksanakan tugas khusus dari Panglima TNI.

3.         Tugas.   Sahli Panglima TNI bertugas mengolah dan menelaah secara akademis  masalah nasional dan internasional yang terkait dan mendukung tugas-tugas TNI, serta disusun secara konsepsional, sebagai saran untuk membantu Panglima TNI dalam menentukan kebijakan yang bersifat strategis.

4.         Fungsi-fungsi.

  • Fungsi Utama.  
    1. Penyiapan penalaran secara akademis untuk disusun dalam bentuk tulisan yang bersifat konsepsional tentang hal-hal yang berhubungan dengan kecenderungan perkembangan lingkungan strategis meliputi bidang politik dan keamanan nasional, komunikasi sosial, industri teknologi militer dansiber, kesejahteraan personel, hubungan internasional, bantuan kemanusiaan, sosial budaya, hukum, HAM dan Narkoba, kawasan khusus dan lingkungan hidup serta ekonomi, keuangan dan perdagangan.
    2. Penyiapan tugas dari Panglima TNI yang menyangkut permasalahan di bidang tugasnya dan merumuskan pemecahan persoalan secara akademis dan konsepsional.
    3. Penyiapan dan atau mengkoordinasikan penyusunan bahan pertemuan dan atau kertas kerja Panglima TNI dalam seminar, lokakarya, rapat kerja  dan lain-lain.
    4. Panglima TNI.       
  • Fungsi Organik Pembinaan.Meliputi pembinaan doktrin, pendidikan dan latihan dilaksanakan secara terkoordinasi oleh Denma Mabes TNI.
  • Fungsi Organik Militer.
    1. Usaha pekerjaan dan kegiatan di bidang intelijen, operasi, personel, logistik, teritorial, perencanaan serta pengawasan dan pengendalian dilaksanakan secara terkoordinasi oleh Denma Mabes TNI.
    2. Menyusun Program Kerja dan Anggaran Tahunan Staf Ahli Panglima TNI.

5.         Wewenang.    Tugas dan tanggung jawab Koorsahli Panglima TNI.

a.         Mengoordinasikan kegiatan seluruh Sahli Panglima TNI agar tugas Sahli dapat terselenggara dengan baik serta berhasil dan berdaya guna.

b.          Mempersiapkan penalaran konsepsional serta mengolah dan menelaah bahan sesuai bidangnya.

c.        Mengendalikan dan mengarahkan unsur-unsur administrasi untuk menjamin kelancaran penyelenggaraan tugas dan kewajiban Sahli.

d.           Menyampaikan keterangan dan saran kepada Panglima TNI baik diminta atau atas inisiatif sendiri.

e.        Mengajukan Tenaga Bantuan sesuai kebutuhan dari luar instansi TNI, untuk membantu menangani bidang-bidang khusus dalam kurun waktu tertentu.