KEGIATAN VAKSINASI DIFTERI DI BABINKUM TNI

Kamis, 5 Juli 2018 15:09:05 - Oleh : Babinkum TNI - Dibaca : 666

KEGIATAN VAKSINASI DIFTERI DI BABINKUM TNI

Kegiatan Vaksinasi Difteri di Babinkum TNI

Bertempat di Aula Babinkum TNI, Kamis, 5 Juli 2018, para Prajurit dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Badan Pembinaan Hukum (Babinkum) TNI, mengikuti pelaksanaan vaksinasi Difteri, yang dilaksanakan oleh Tim dari Puskes TNI. Kegiatan tersebut dimaksudkan dalam rangka mendukung program pemerintah untuk penanggulangan Difteri. Perlu diketahui bahwa Difteri merupakan infeksi bakteri yang umumnya menyerang selaput lendir pada hidung dan tenggorokan. Penyakit ini sangat menular dan berpotensi mengancam jiwa.

Gejala penyakit ini berupa nyeri saat menelan, demam ringan, hingga stridor (bunyi kasar saat bernapas) dan tanda lain berupa sumbatan jalan napas. Dalam 2-5 hari setelah terinfeksi, akan terbentuk membran yang melekat berwarna putih kelabu dapat menutup tonsil (amandel)  dan dinding faring (tenggorokan). Sehingga dapat terjadi limfadenitis leher (peradangan yang terjadi pada kelenjar getah bening) dan pembengkakan submandibula (kelenjar air liur), bila bersamaan dengan edema (Sembab) pada jaringan lunak leher yang luas timbul bullneck (pembengkakan pada leher).

Selanjutnya tergantung derajat penyebaran toksin (racun) dan luas membrane (selaput). Bila kasus berat, dapat terjadi kegagalan pernafasan dan atau jantung. Kegiatan yang berjalan dengan aman dan lancar tersebut, diikuti oleh Para Perwira, Bintara, Tamtama serta Pegawai Negeri Sipil (PNS) Babinkum TNI.

 

 

 

Download :
Download :
Download :
Download :