Pembukaan Pelatihan Perwira Perundang-Undangan TA 2018

Kamis, 19 Juli 2018 11:40:46 - Oleh : Babinkum TNI - Dibaca : 657

Pembukaan Pelatihan Perwira Perundang-Undangan TA 2018

Babinkum TNI, Rabu, tanggal 18 Juli 2018, bertempat di Aula Babinkum TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Kepala Badan Pembinaan Hukum (Kababinkum) TNI, Mayor Jenderal (Mayjen) TNI  Joko Purnomo, S.H., M.H,  telah membuka pelatihan perwira perundang-undangan TA 2018.  Tujuan pelaksanaan pelatihan tersebut untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan perwira hukum tentang pengetahuan perundang-undangan dalam melaksanakan tugas sebagai perwira hukum di lingkungan TNI. Pelatihan diikuti oleh perwira hukum dari kementerian pertahanan dan satuan-satuan jajaran TNI yang akan berlangsung dari tanggal 18 Juli sampai dengan 16 Agustus 2018.

       Kababinkum TNI  dalam sambutan mengatakan, bahwa proses pembentukan peraturan perundang-undangan di Negara Republik Indonesia mengacu kepada undang-undang nomor 12 Tahun 2011, dengan mempelajari materi undang-undang ini peserta akan mampu memahami proses pembangunan hukum yang dinamis, tanpa henti dan terus-menerus mengikuti perubahan kesadaran hukum masyarakat, mampu memahami nilai-nilai filosofis, sosiologis dan yuridis yang terkandung dalam suatu perundang-undangan, termasuk susunan dan tata urut peraturan perundang-undangan, proses pembuatan perundang-undangan mulai dari tahap perencanaan, penyusunan, pembahasan, pengesahan dan pengundangan.

            Selanjutnya Kababinkum TNI menyampaikan bahwa pelatihan perwira perundang-undangan ini juga merupakan upaya pembinaan satuan terhadap pengembangan kemampuan para perwira hukum dl bidang perundang-undangan yang dilaksanakan secara terpadu, berlanjut, dan konsisten dengan pembekalan kemampuan,  keterampilan maupun pengalaman profesi, teknik penyusunan naskah akademik, pembahasan, pengesahan dan pengundangan serta cara mensosialisasikannya.

           Sasaran yang ingin dicapai dalam pelatihan tersebut, menurut Kababinkum TNI diantaranya tercapainya peningkatan profesionalisme peserta dalam mengetahui teknis pembahasan legislasi dan regulasi, terwujudnya peningkatan profesionalisme peserta dalam mengerti proses penyusunan Prolegnas, Proleghan, dan Proleg TNI serta diharapkan menguasai dalam menyusun dan menerbitkan produk hukum (petunjuk) di Lingkungan TNI. Kegiatan dilanjutkan dengan pembekalan yang disampaikan oleh Dirjen Peraturan Perundang-undangan Kementerian Hukum dan HAM RI, Prof. Dr. Widodo Ekatjahjana, S.H., M.Hum. Hadir dalam kegiatan tersebut Kapuslemasmil, Waorjen TNI, Wakababinkum TNI, perwakilan Ditkumad, Diskumau dan Diskumal, serta para pejabat teras Babinkum TNI lainnya.

Download :
Download :
Download :
Download :