Panglima TNI bersama CDF Australia Pimpin Sidang ke-9 AUSINDO HLC Tahun 2021

Kamis, 5 Agustus 2021 13:29:18 - Oleh : Puspen TNI - Dibaca : 16

Panglima TNI bersama CDF Australia Pimpin Sidang ke-9 AUSINDO HLC Tahun 2021

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., bersama Chief of The Defence Forces (CDF) Australia General Angus Campbell, AO, DSC memimpin Sidang ke-9 Australia-Indonesia High Level Committee (AUSINDO HLC) tahun 2021 yang diselenggarakan secara virtual, bertempat di Klub Eksekutif Persada, Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (4/8/2021).

Pada kesempatan tersebut Panglima TNI mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pemerintah dan Angkatan Bersenjata Australia yang telah memberikan asistensi dan dukungan kepada Indonesia dalam operasi pencarian dan penyelamatan KRI Nanggala-402 yang tenggelam di perairan Bali. Panglima TNI juga mengapresiasi bantuan kesehatan dari pemerintah Australia untuk membantu Indonesia dalam menangani pandemi Covid-19, yang dikirim bertahap mulai bulan Juli 2021. "Pandemi Covid-19 yang melanda dunia telah berakibat kepada berbagai kegiatan militer bilateral kedua angkatan bersenjata Indonesia dan Australia tertunda, akan tetapi hal tersebut tidak menghalangi tujuan kerjasama antara TNI dan ADF yang terus terjalin erat," ujarnya.

Lebih lanjut Panglima TNI mengajak semua pihak, khususnya para ketua Sub-Komite AUSINDO HLC untuk proaktif dalam membahas langkah-langkah kerjasama militer di masa mendatang di bidang intelijen, operasi dan latihan, pendidikan dan pelatihan serta logistik. "Melalui kerangka kerjasama Comprehensif Strategic Partnership Indonesia dan Australia sepakat untuk bekerjasama dalam memelihara stabilitas keamanan kawasan dan membangun kerja sama yang saling menguntungkan," ucapnya.

Sementara itu General Angus Campbell menyampaikan, meskipun tidak dapat menjamu delegasi Indonesia di Australia, akan tetapi harapannya pada tahun mendatang akan dapat menjamu secara langsung delegasi Indonesia setelah Pandemi Covid-19 berakhir. General Campbeli juga menyampaikan bahwa kerja sama pertahanan tetap menjadi prioritas dan berterima kasih atas pelaksanaan sidang HLC pada bulan November tahun 2020 lalu.

Selanjutnya disampaikan bahwa kerjasama TNI dan ADF pada saat ini semakin kuat dan lebih kompleks di berbagai bidang. Sidang ke-9 AUSINDO HLC tahun ini membahas serta menindaklanjuti kesepakatan kerjasama yang telah dicapai oleh Sub-sub komite.

Acara diakhiri dengan penyerahan piagam penghargaan dari ADF Australia kepada Satgas Garuda RI atas keberhasilan dalam Operasi Bantuan Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Australia Tahun 2020, yang diwakili Mayor Czi Wanda Indra Dhanu Abidin.

Turut hadir delegasi Indonesia pada Sidang ke-9 AUSINDO HLC, diantaranya Asops Panglima TNI Mayjen TNI Syafruddin, S.E., M.M., M,Tr.(Han)., Aspers Panglima TNI Marsda TNI A. Gustaf Brugman, M.Si. (Han)., Kapuskersin TNI Laksma TNI R. Teguh Isgunanto, M.A., Dirkersinhan Ditjen Strahan Kemhan RI Brigjen TNI J. Binsar Parluhutan Sianipar, Waaslog Panglima TNI Brigjen TNI Trias Widjanarko, Paban IV/Bidlugri Sintel TNI Kolonel Arh Noel Christian F Tangjong serta dari Delegasi Australia antara lain Atase Pertahanan (Athan) Kedubes Australia di Indonesia Brigadier General Justin Roocke.

Download :
Download :
Download :
Download :
Download :